PropertiReview

Mengenal Ubin Pengarah Disabilitas dan Manfaatnya

mengenal-ubin-pengarah-disabilitas-dan-manfaatnya

Setiap orang berhak menikmati semua fasilitas umum yang disediakan pemerintah tanpa pandang bulu. Baik orang yang memiliki kesempurnaan fisik atau disabilitas pun, mereka bisa menggunakan semua fasilitas secara optimal. Ubin pengarah disabilitas bukan menjadi hal yang asing di kehidupan modern ini. Banyak tempat-tempat umum yang menggunakan motif ubin yang dikenal dengan nama Guiding Block, Tactile Paving atau Kenji Block.

Berikut rangkuman penting terkait ubin yang bisa memberikan manfaat bagi penyandang tunanetra yang wajib Anda ketahui!

1. Pengertian ubin pengarah jalan disabilitas

Guiding Block merupakan ubin yang memiliki desain khusus dengan tekstur titik dan garis panjang untuk memberikan arahan bagi penyandang disabilitas. Saat aktivitas di tempat umum atau jalanan, para tunanetra bisa mengandalkan keberadaan ubin ini.

2. Menggunakan adaptasi huruf braille

Para penyandang tunanetra bisa menggunakan ubin pengarah jalan yang terinspirasi dari huruf braille yang menggunakan kombinasi titik. Peraturan dari Menteri Pekerjaan Umum nomor 36 tahun 2006 memberikan pedoman untuk para penyandang disabilitas bisa mengakses fasilitas umum dengan Guiding Block.

Fasilitas umum yang wajib memberikan fasilitas Guiding Block antara lain terminal, trotoar, stasiun, dan taman kota. Jalur jalanan yang vital juga wajib menggunakan ubin pengarah disabilitas, misalnya jalan menuju tangga, jalur lalu lintas kendaraan, jalan sekitar SLB, dan lain-lain. Banyak pula sekolah disabilitas yang memberikan fasilitas ubin yang memberikan kemudahan mobilitas bagi penyandang tunanetra.

3. Bisa dipasang di dalam ruangan

Tak hanya bisa dipasang di luar ruangan atau tempat publik saja, supplier ubin pengarah disabilitas merekomendasikan pemasangan ubin dengan tekstur titik atau panjang di dalam ruangan. Ubin pemandu arah wajib dipasang di pusat perbelanjaan, restoran, sekolah, kafe, dan lain-lain. Jika penyandang tunanetra bisa melakukan aktivitas harian tanpa bantuan orang lain, kenapa tidak?

4. Makna pola pada Guiding Block

Sebelum memasang ubin pengarah jalan ini, pastikan Anda tahu tentang makna pola Guiding Block. Pola terdiri dari bulatan dan garis panjang yang memiliki perbedaan arti. Pola bulatan berarti penyandang disabilitas harus berhenti, sedangkan pola garis panjang bermakna jalan terus.

Ubin spesial penyandang tunanetra terdiri dari dua warna yaitu ubin warna kuning dipasang di trotoar, sedangkan ubin logam berwarna silver dipasang di jalan aspal. Anda bisa memasang ubin yang membantu aksesibilitas penyandang tunanetra sesuai dengan kondisi jalan, ya!

5. Manfaat pemasangan Guiding Block

Manfaat melakukan pemasangan Guiding Block bisa memberikan kesempatan untuk penyandang tunanetra melakukan aktivitas harian lebih terbantu. Mereka tidak perlu bantuan orang lain untuk melakukan kegiatan di tempat umum. Memberikan hak yang sama kepada seluruh lapisan masyarakat tanpa membedakan keterbatasan fisik sudah sewajarnya dilakukan. Satu langkah yang akan meringankan beban penyandang disabilitas saat mereka harus aktivitas di luar ruangan, bukan?

Jangan hanya memasang ubin saja tanpa melakukan sosialisasi yang lebih luas guna mendukung kehidupan sosial lebih baik. Masyarakat bisa membantu kesuksesan program pemerintah dengan menggunakan fasilitas publik khusus penyandang disabilitas sesuai dengan fungsinya.

Berdasarkan rangkuman singkat seputar Guiding Block di atas, Anda bisa mulai pemasangan ubin pengarah jalan bagi penyandang disabilitas di tempat usaha seperti restoran, pertokoan, kafe, dan lain-lain. Kalau Anda bisa membantu meningkatkan aksesibilitas para tunanetra yang ingin mandiri, kenapa tidak? Segera hubungi supplier ubin pengarah disabilitas yang siap memberikan informasi yang lebih lengkap. Pemasangan yang cepat dengan harga lebih terjangkau menjadi kelebihan yang patut Anda pertimbangkan, ya!

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close