Berwisata di Era New Normal, Inilah 3 Hal yang Perlu Anda Perhatikan

  • Whatsapp

berwisata-di-era-new-normal-inilah-3-hal-yang-perlu-anda-perhatikan

Selama pandemi corona, destinasi wisata ditutup untuk sementara waktu. Namun sejak akhir Juni, beberapa destinasi wisata mendapatkan izin untuk kembali buka. Kembali bukanya destinasi wisata juga membuka peluang usaha bagi masyarakat sekitar. Masyarakat dapat memulai usaha jual masker kain atau menjual oleh-oleh khas tempat wisata. Dibukanya kembali destinasi-destinasi wisata tersebut tentu melewati masa perizinan yang tidak mudah.

Read More

Sebelum Anda memutuskan untuk bepergian ke destinasi wisata selama pandemi ini masih berlangsung, Anda harus sadar akan risiko penularan virus yang lebih tinggi. Memang rasa jenuh yang dibiarkan terlalu lama akan berakibat pada kondisi mental. Namun, bukan berarti Anda dapat bebas bepergian ke mana saja sebab sejumlah wilayah dan destinasi wisata menerapkan aturan yang ketat.

Mengunjungi Destinasi Wisata

Apabila Anda sudah memutuskan untuk tetap pergi ke destinasi wisata, hal-hal terkait protokol new normal harus diperhatikan dan dipersiapkan. Setiap destinasi mempunyai peraturan yang berbeda-beda. Oleh sebab itu lebih baik Anda mencari tahu dulu melalui internet terkait dengan wisata tujuan. Namun secara umum, berikut hal-hal yang harus ditaati selama berada di tempat wisata.

1. Mengenakan masker

Sesuai anjuran, masker dipakai saat Anda keluar rumah. Sehingga dimanapun destinasi wisata tersebut berada Anda harus mengenakan masker. Setiap empat jam sekali gantilah dengan masker yang baru. Jika Anda menggunakan masker sekali pakai, langsung buang masker tersebut di tempat sampah yang telah disediakan di destinasi wisata. Tetapi jika Anda memakai masker kain, simpanlah pada kantong plastik dan masukkan masker yang kotor tersebut ke dalam tas.

Apabila Anda lupa membawa lebih dari satu masker, coba cari orang yang jual masker kain atau masker sekali pakai di sekitar destinasi wisata. Selain masker, perlengkapan lain yang harus Anda bawa adalah hand sanitizer, tisu basah maupun kering, perlengkapan ibadah, perlengkapan mandi serta obat-obatan.

2. Membawa bekal

Jika Anda berencana bepergian tanpa menginap, usahakan untuk membawa bekal makanan dan minuman dari rumah. Bekal dari rumah tentu lebih sehat dan higienis dibandingkan ketika Anda membeli di luar. Anda bisa mengatur menu yang tidak mudah basi dan mengatur porsinya untuk cukup dikonsumsi selama liburan.

3. Physical Distancing

Aturan ini wajib diterapkan bahkan tidak hanya di destinasi wisata. Anda harus menjaga jarak dengan orang lain kurang lebih dua meter untuk menghindari penyebaran virus. Selain itu, usahakan Anda mengenakan lengan panjang dan celana panjang ketika berkunjung ke destinasi wisata. Terlebih jika destinasi tujuan Anda adalah destinasi outdoor.

Demikianlah beberapa hal yang harus ditaati saat Anda memutuskan untuk berwisata di era new normal ini. Jangan lupa untuk selalu membawa item-item yang dibutuhkan guna menaati protokol kesehatan yang ada. Kalaupun stok masker Anda sedikit, Anda bisa membeli masker tambahan di tempat wisata yang Anda tuju. Di masa seperti ini mudah ditemukan orang yang jual masker kain, termasuk di tempat wisata.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *